Sunday, October 28, 2012

Zhuge Liang - The Sleeping Dragon

Zhuge Liang - The Sleeping Dragon
(181 - 234 A.D)






Zhuge Liang (181–234) adalah seorang Perdana Menteri negara Shu Han pada masa Tiga Kerajaan (Sam Kok) dalam sejarah Cina. Dia sering dikenal sebagai ahli strategi terhebat dan terbaik pada masa tersebut.

Sering digambarkan mengenai jubah Taois dan sebuah kipas tangan dari bulu bangau, Zhuge Liang bukan hanya seorang ahli strategi militer dan ahli politik; dia juga seorang pelajar dan penemu. Reputasinya sebagai seorang penemu dan pelajar yang ternama tumbuh meski ia masih hidup dalam tempat terpencil, membuatnya dijuluki dengan nama "Wolong" (臥龍; atau: "Crouching Dragon").

Zhuge adalah sebuah nama yang tidak umum untuk nama keluarga karena terdiri dari dua huruf(Cina). Nama Zhuge telah menjadi sinonim dengan kepandaian dan strategi dalam budaya Cina.

Early Life:

Zhuge Liang dilahirkan di Yangdu, Langya Commandery (sekarang Yinan County, Shandong). Dia menjadi yatim piatu pada usia dini, dan dibesarkan oleh pamannya, Zhuge Xuan Dia mengikuti pamannya tinggal di Jing Propinsi bawah Liu Biao kemudian. Setelah pamannya meninggal, Zhuge Liang dan saudara-saudaranya menetap di Wolonggang (di masa kini-hari Henan) untuk sepuluh tahun mendatang atau lebih, hidup sederhana - pertanian di siang hari dan belajar di malam. dua kakak perempuan Zhuge Liang menikah dengan anggota klan yang berpengaruh dengan koneksi yang kuat di wilayah tersebut.



Kuil Marquis Wu di Chengdu, sebuah kuil pemujaan Zhuge Liang.

Zhuge Liang menikmati membaca Liangfu Yin (梁 父 吟), sebuah lagu rakyat yang populer di Shandong, tempat kelahirannya. Dia juga suka membandingkan dirinya untuk Guan Zhong dan Yue Yi, dua tokoh-tokoh sejarah terkenal. Ia mengembangkan persahabatan yang erat dengan anggota sastrawan lokal, seperti Xu Shu, Cui Zhouping, Meng Jian dan Shi Tao. Zhuge Liang juga mempertahankan hubungan dekat dengan para intelektual terkenal lainnya, seperti Sima Hui, Pang Degong dan Huang Chengyan. Huang Chengyan pernah berkata kepada Zhuge Liang, "Saya mendengar bahwa Anda sedang mencari pasangan, aku mempunyai seorang putri yang tidak cantik dengan wajah kuning dan kulit gelap, tapi bakatnya setara denganmu.." Zhuge Liang setuju dan menikahi putri Huang Chengyan.

Menjadi pegawai Liu Bei:

Pada saat itu, Liu Bei tinggal di Xin Ye saat dia berlindung di bawah Gubernur Provinsi Jing, Liu Biao. Liu Bei mengunjungi Sima Hui, yang mengatakan kepadanya, "Akademis Konghucu dan cendekiawan umum, berapa banyak yang mereka ketahui tentang urusan saat ini? Mereka yang menganalisis urusan saat ini dengan baik adalah Crouching Dragon dan Young Phoenix." Xu Shu juga merekomendasikan Zhuge Liang kepada Liu Bei, dan Liu ingin meminta Xu untuk mengundang Zhuge untuk bertemu dengannya. Namun, Xu Shu menjawab, "Anda harus mengunjungi orang ini secara pribadi. Ia tidak dapat diundang untuk bertemu Anda." Liu Bei berhasil merekrut Zhuge Liang di 207 setelah melakukan tiga kunjungan pribadi. Zhuge Liang menyajikan rencana Longzhong (Tiga kerajaan) kepada Liu Bei dan keluar dari kediamannya untuk mengikuti Liu. Setelah itu, Liu Bei menjadi sangat dekat dengan Zhuge Liang dan sering melakukan diskusi dengan dia. Guan Yu dan Zhang Fei tidak puas dan mengeluh. Liu Bei menjelaskan, "Sekarang aku sudah memiliki Kongming (nama style Zhuge Liang), itu hanya seperti ikan masuk ke air yang saya harap kalian berdua berhenti membuat pernyataan yang tidak menyenangkan.." Guan Yu dan Zhang Fei kemudian berhenti mengeluh.

Sebagai seorang Utusan:

Pada 208, Liu Biao meninggal dan digantikan oleh putranya yang paling kecil, Liu Cong, yang menyerahkan propinsi Jing kepada Cao Cao. Ketika Liu Bei mendengar Liu Cong menyerah, ia memimpin para pengikutnya (baik tentara dan warga sipil) pada sebuah eksodus selatan menuju Xiakou, bertemu dengan pasukan Cao Cao dalam pertempuran singkat pada Pertempuran Changban. Sementara di Xiakou, Liu Bei mengirim Zhuge Liang untuk mengikuti Lu Su untuk Jiangdong untuk membahas pembentukan aliansi antara dia dan Sun Quan.

Zhuge Liang bertemu dengan Sun Quan dalam Chaisang dan mengusulkan dua solusi untuk Sun, "Jika Anda dapat menggunakan kekuatan Wuyue untuk melawan Kerajaan Tengah, mengapa tidak memutuskan hubungan (dengan Cao Cao) terlebih dahulu? Jika Anda tidak dapat menentang, mengapa tidak demobilisasi tentara, membuang persenjataan dan menyerah ke utara?" Setelah penasihat Sun Quan, Zhou Yu, menganalisis situasi dan menunjukkan kelemahan dalam tentara Cao Cao, Sun akhirnya sepakat untuk bersekutu dengan Liu Bei dalam melawan Cao. Zhuge Liang kembali ke perkemahan Liu Bei dengan utusan Sun Quan, Lu Su, untuk membuat persiapan untuk perang mendatang.

Sebagai Petugas Logistik

Pada akhir 208, tentara sekutu Liu Bei dan Sun Quan memperoleh kemenangan atas pasukan Cao Cao pada Pertempuran Red Cliffs. Cao Cao mundur ke Ye, sementara Liu Bei melanjutkan untuk menaklukkan wilayah di Jiangnan, yang meliputi sebagian besar selatan Jing Propinsi. Zhuge Liang diangkat "Military Advisor General of the Household" (军师 中郎将). Dia ditugaskan mengatur Lingling (sekarang Yongzhou, Hunan), Guiyang dan markas Changsha dan mengumpulkan pajak untuk mendanai militer.

Pada 211, Liu Zhang, gubernur Provinsi Yi (sekarang meliputi Sichuan basin), meminta bantuan dari Liu Bei menyerang Zhang Lu dari Hanzhong. Liu Bei meninggalkan Zhuge Liang, Guan Yu, Zhang Fei dan lain-lain yang bertanggung jawab dari Jing Propinsi sementara dia memimpin pasukan ke Sichuan. Liu Bei segera menyetujui usulan Liu Zhang, namun diam-diam merencanakan untuk pengambilalihan tanah Liu Zhang. Tahun berikutnya, Liu Zhang mengetahui niat Liu Bei, dan keduanya berbalik bermusuhan dan mengobarkan perang satu sama lain. Zhuge Liang, Zhang Fei dan Zhao Yun memimpin pasukan terpisah untuk memperkuat Liu Bei dalam serangan terhadap ibukota Liu Zhang, Chengdu, sedangkan Guan Yu tetap tinggal untuk menjaga Jing Propinsi. Pada 214, Liu Zhang menyerah dan Liu Bei menguasai Yi Propinsi.

Liu Bei mengangkat Zhuge Liang menjadi "Penasehat Militer" (军师 将军) dan membiarkan dia mengurus urusan kantor pribadinya (office of the General of the Left (左 将军)). Setiap kali Liu Bei memulai kampanye militer, Zhuge Liang tetap tinggal untuk menjaga Chengdu dan menjamin aliran pasokan pasukan dan ketentuan. Pada 221, dalam menanggapi perebutan tahta Kaisar Xian oleh Cao Pi, bawahan Liu Bei menasehatinya untuk menyatakan dirinya kaisar. Setelah awalnya menolak, Liu Bei akhirnya dibujuk oleh Zhuge Liang untuk melakukannya dan menjadi penguasa Shu Han. Liu Bei mengangkat Zhuge Liang sebagai Perdana Menteri dan memberikan kepadanya tanggung jawab dari lembaga kekaisaran dimana Zhuge menjalankan fungsi sebagai Imperial Secretariat. Zhuge Liang diangkat "Director of Retainers" (司隶 校尉) setelah kematian Zhang Fei.

Menjadi Penasihat Liu Shan:

Pada musim semi tahun 222, Liu Bei mundur ke Yong'an (sekarang Fengjie County, Chongqing) setelah kekalahannya pada Pertempuran Xiaoting dan menjadi sakit parah. Dia memanggil Zhuge Liang dari Chengdu dan berkata kepadanya, "Kau sepuluh kali lebih berbakat dari Cao Pi, mampu dengan baik mengamankan negara dan menyelesaikan misi besar kita Kalau anak saya bisa dibantu, bantulah dia.. Jika ia terbukti tidak kompeten , maka Anda dapat mengambil alih takhta." Zhuge Liang menjawab sambil menangis," Saya akan melakukan yang terbaik dan melayani dengan kesetiaan tak tergoyahkan sampai mati. " Liu Bei kemudian memerintahkan putranya, Liu Shan, untuk mengatur negara urusan bersama-sama dengan Zhuge Liang dan menganggap Zhuge seperti ayahnya.

As a regent

Setelah kematian Liu Bei, Liu Shan naik ke tahta Shu Han. Dia memberikan Zhuge Liang pangkat sebagai "Marquis Wu" (武 乡侯) dan menciptakan sebuah kantor untuknya. Tidak lama kemudian, Zhuge Liang ditunjuk sebagai Gubernur Provinsi Yi dan bertanggung jawab atas semua urusan negara. Pada saat yang sama, beberapa kota di Nanzhong memberontak melawan Shu, namun Zhuge Liang tidak mengirim pasukan untuk menekan pemberontakan karena kematian Liu Bei baru saja terjadi. Dia mengirim Deng Zhi dan Chen Zhen untuk membuat perdamaian dengan Wu dan kembali memasuki aliansi dengan Wu. Zhuge Liang secara konsisten akan mengirimkan utusan ke Wu untuk meningkatkan hubungan diplomatik antara kedua negara.

Ekspedisi ke Selatan

Selama pemerintahannya sebagai regent, Zhuge Liang menetapkan tujuan Shu untuk merestorasi Dinasti Han, yang dari sudut pandang Shu, telah dirampas oleh Cao Wei. Dia merasa bahwa dalam rangka untuk menyerang Wei, suatu penyatuan lengkap Shu pertama yang dibutuhkan. Zhuge Liang khawatir bahwa suku lokal akan bekerja dengan suku-suku Nanman di Nanzhong ke tahap revolusi. Khawatir kemungkinan bahwa para petani akan memberontak dan menekan ke dalam daerah sekitar ibukota Chengdu sementara ia menyerang Wei di utara, Zhuge Liang memutuskan untuk menenangkan suku-suku selatan terlebih dahulu.

Pada musim semi 225, klan regional termasuk Yong, Gao, Zhu, dan Meng telah menguasai beberapa kota di selatan, sehingga Zhuge Liang memimpin pasukan ekspedisi untuk Nanzhong. Ma Su mengusulkan bahwa mereka harus berusaha untuk memenangkan hati Nanman dan menggalang dukungan mereka daripada menggunakan kekuatan militer untuk menundukkan mereka. Zhuge Liang memperhatikan saran Ma Su dan mengalahkan pemimpin pemberontak, Meng Huo, di tujuh kesempatan yang berbeda. Dia membebaskan Meng Huo setiap kali untuk benar-benar menaklukan Meng. Perhatikan bahwa cerita tentang Meng Huo dan penangkapannya ditolak sebagai referensi historis yang dapat diandalkan dan akurat oleh mayoritas akademik, termasuk sejarawan seperti Miao Yue, Tan Liangxiao, dan Zhang Hualan.

Menyadari ia tidak punya kesempatan untuk menang, Meng Huo berjanji setia kepada Shu, dan diangkat oleh Zhuge Liang sebagai gubernur wilayah untuk menjaga kedamaian rakyat dan mengamankan perbatasan selatan Shu. Hal ini akan memastikan bahwa masa depan akan Ekspedisi Utara melanjutkan tanpa gangguan internal. persediaan dan sumber daya berlimpah yang diperoleh dari Nanzhong digunakan untuk mendanai militer Shu dan negara tersebut menjadi lebih sejahtera.

Ekspedisi ke Utara dan kematian
Setelah menenangkan Nanman, Zhuge Liang Shu memerintahkan militer untuk membuat persiapan untuk melakukan serangan skala besar terhadap negara pesaing, Wei. Pada 227, sementara di Hanzhong, ia menulis sebuah memorial, berjudul Chu Shi Biao, kepada Liu Shan, menyatakan alasan nya untuk ekspedisie dan memberi nasihat kepada kaisar untuk menjaga pemerintahan yang baik. Dari 228 sampai kematiannya pada 234, Zhuge Liang meluncurkan total lima Ekspedisi ke Utara melawan Wei, semua kecuali satu yang gagal. Satu-satunya keuntungan permanen dengan Shu adalah penaklukan Wudhu dan prefektur Yinping, serta relokasi warga Wei untuk Shu pada beberapa kesempatan. Namun, dibalik kekalahannya tentara Zhuge Liang tidak pernah menderita korban lebih dari 5% dari kekuatan total. Dan sumber daya yang dialokasikan ke dalam militer mencukupi (dengan asumsi Shu puncaknya di 200.000 kekuatan militer.)

Selama Ekspedisi ke Utara yang pertama, Zhuge Liang membujuk Jiang Wei, seorang perwira muda militer Wei, untuk menyerah dan mengabdi kepadanya. Jiang Wei menjadi seorang jenderal terkemuka Shu kemudian dan mewarisi cita-cita Zhuge Liang. Pada akhir 234, Zhuge Liang dan Sima Yi (komandan Wei) menemui sebuah jalan buntu pada Pertempuran Wuzhang. Zhuge Liang jatuh sakit parah dan akhirnya meninggal di kamp pada usia 53. Sebelum kematiannya, Zhuge Liang merekomendasikan Jiang Wan dan Fei Yi untuk menggantikannya sebagai bupati Shu. Dia dimakamkan di Gunung Dingjun sesuai dengan keinginannya dan dianugerahi gelar anumerta "Loyal and Martial Marquis" (忠 武侯) oleh Liu Shan.

Legacy:

Penemuan

Zhuge Liang diyakini sebagai penemu mantou (Bakpao)ranjau darat dan perangkat transportasi misterius tapi efisien yang otomatis (awalnya digunakan untuk biji-bijian) disebut sebagai "wooden ox and flowing horse" (木 牛 流 马), yang kadang-kadang diidentifikasi dengan gerobak dorong.

Meskipun ia sering dikatakan sebagai penemu panah berulang yang dinamai menurut namanya dan disebut "Zhuge Crossbow (Chu Ko Nu)", jenis panah semi-otomatis ini adalah versi perbaikan dari model yang pertama kali muncul selama Warring states (Meski terjadi perdebatan mengenai apakah panah semi otomatis pada masa Warring States dapat menembak berulang atau menembak beberapa panah sekaligus). Namun demikian, versi Zhuge Liang bisa menembak jauh dan lebih cepat.


A repeating crossbow

Zhuge Liang juga dikatakan sebagai dengan pembangun stone sentinel maze yang misterius, sebuah formasi dari tumpukan batu yang dikatakan menghasilkan fenomena supranatural, yang terletak dekat Baidicheng.

Sebuah tipe awal dari balon udara panas yang digunakan untuk sinyal militer, yang dikenal sebagai lentera Kongming, juga dinamai dengan namanya. Hal itu dikatakan ditemukan oleh Zhuge Liang ketika ia terjebak oleh Sima Yi di Pingyang. Pasukan teman yang berada didekatnya melihat pesan di kertas meliputi lentera dan datang membantu Zhuge Liang. Keyakinan lain adalah bahwa lentera mirip hiasan kepala Zhuge Liang, sehingga bernama setelah dia

In Fiction:

Kebijaksanaan dan prestasi Zhuge Liang dipopulerkan oleh novel sejarah Romance dari Tiga Kerajaan, Luo Guanzhong yang ditulis selama Dinasti Ming. Novel ini berdasarkan sumber-sumber sejarah, termasuk Catatan tentang Tiga Kerajaan oleh Chen Shou. Pengaruh utama lainnya termasuk karya Liu Yiqing "A New Account of the Tales of the World", dan Sanguozhi Pinghua, koleksi kronologis 80 sketsa dimulai dengan Sumpah dari Taman Peach dan berakhir dengan kematian Zhuge Liang.

Beberapa account fiktif yang melibatkan Zhuge Liang dari Roman Tiga Kerajaan meliputi:

Meminjam anak panah dengan perahu Jerami

Sebelum Pertempuran Red Cliffs, Zhuge Liang mengunjungi kamp Sun Quan untuk membantu Zhou Yu. Zhou Yu cemburu bakat Zhuge Liang dan merasa bahwa Zhuge akan menjadi ancaman bagi junjungannya di masa depan. Dia menugaskan Zhuge Liang tugas untuk membuat 100.000 anak panah dalam sepuluh hari atau akan di eksekusi bila gagal dalam tugas-tugas di bawah hukum militer. Zhuge Liang berjanji bahwa ia bisa menyelesaikan misi dalam tiga hari. Dengan bantuan dari Lu Su, Zhuge Liang menyiapkan 20 kapal besar, masing-masing dijaga oleh beberapa prajurit dan diisi dengan manusia-seperti tokoh yang terbuat dari jerami dan jerami.

Saat fajar, ketika ada kabut besar, Zhuge Liang mengerahkan perahu dan mereka berlayar menuju perkemahan Cao Cao di sungai. Dia memerintahkan pasukan untuk menabuh genderang perang dengan keras dan berteriak meniru suara serangan. Setelah mendengar kebisingan, pasukan Cao Cao bergegas keluar untuk menghadapi musuh, tetapi mereka tak yakin kekuatan musuh, karena visi mereka dikaburkan oleh kabut. Mereka menembakkan tembakan anak panah ke arah suara drum dan panah menghujam jerami. Sementara itu, Zhuge Liang menikmati anggur dengan Lu Su di dalam kabin dan mereka kembali ke perkemahan ketika kabut memudar. Zhuge Liang memperoleh lebih dari 100.000 anak panah dengan rencana dan Zhou Yu tidak punya pilihan selain membiarkan dia pergi.

Berdoa untuk angin Timur

Sebelum Pertempuran Red Cliffs, ketika semua persiapan untuk serangan api pada armada Cao Cao telah dibuat, Zhou Yu tiba-tiba menyadari bahwa angin tidak bertiup untuk keuntungan mereka, karena angin timur itu diperlukan untuk meningkatkan serangan api. Ia pingsan dan jatuh sakit. Zhuge Liang mengunjungi dia dan membuatkan resep untuk dia, dengan menawarkan untuk mendoakan angin timur. Beberapa hari kemudian, angin timur mulai bertiup, mengejutkan semua orang. Zhou Yu senang, tetapi menjadi cemas karena ia berpikir Zhuge Liang memiliki kekuatan magis dan akan menjadi ancaman yang lebih besar untuk tuannya. Dia mengirim orang untuk membunuh Zhuge Liang di altar, tetapi Zhuge mengantisipasi gerakan ini dan sudah melarikan diri di bawah perlindungan Zhao Yun.

Empty Fort Strategy

Selama Ekspedisi Utara pertama, upaya Zhuge Liang menaklukkan Chang'an dirusak oleh kekalahan Shu pada Pertempuran Jieting. Dengan hilangnya Jieting, lokasi saat Zhuge Liang, Xicheng, berada dalam bahaya dan dapat diserang oleh tentara Wei. Dalam menghadapi bahaya, dengan kekuatan utamanya dikerahkan di tempat lain dan hanya sekelompok kecil tentara di kota itu, Zhuge Liang mempunyai cara untuk menahan musuh yang mendekat.

Zhuge Liang memerintahkan semua pintu gerbang kota untuk dibuka dan menginstruksikan tentara menyamar sebagai warga sipil untuk menyapu jalan sementara dia duduk di platform di atas gerbang dengan dua anak laki-laki mengapitnya. Ia mengenakan raut wajah yang tenang dan dengan memainkan Qin-nya (Qin = kecapi). Ketika Sima Yi tiba dengan tentara Wei, ia terkejut oleh pemandangan di depannya dan memerintahkan mundur setelah mencurigai bahwa ada suatu penyergapan dalam kota. Zhuge Liang kemudian menjelaskan bahwa strateginya adalah sesuatu yang beresiko. Ini dapat berhasil karena Zhuge Liang memiliki reputasi untuk mengambil taktik militer yang hati-hati dan hampir tidak pernah mengambil risiko, sehingga Sima Yi sampai pada kesimpulan bahwa ada suatu penyergapan saat melihat ketenangan Zhuge itu.

Kesimpulan Penulis:

Zhuge Liang versi sejarah meski tidak sewahid versi novelnya, namun dia adalah sosok yang sangat jenius dan sesuai dengan reputasinya sebagai sang naga tidur.

Poin pertama yang menjadi pertimbangan adalah:

Rencana Longzhong, dalam rencana ini Zhuge Liang memperkirakan bahwa Liu Bei akan mengambil alih provinsi Jing dan Yi, yang keduanya dikuasai oleh kerabatnya yang tidak kompeten. Rencana Longzhong mencatat bahwa Cao Cao menguasai Dataran Cina Utara, yang adalah kunci untuk penguasaan Cina, dan bahwa Sun Quan memegang wilayah Sungai Yangtze, yang dikenal sebagai "Jiangdong". Dalam pandangan ini, langkah untuk menempati Jing dan Yi sangat penting untuk sukses.

Garis penting dari rencana ini menunjukkan kejelian luar biasa dalam pembagian Cina menjadi tiga bagian. Aspek penting lain dari rencana itu adalah usulan untuk membentuk aliansi dengan Sun Quan untuk menangkal dan melawan Cao Cao. Aspek kecil lainnya termasuk institusi ekonomi, reformasi hukum dan administrasi serta mengembangkan hubungan baik dengan orang non-Han terletak di barat dan selatan. Kebijakan tersebut akan mengurangi resistensi dan meningkatkan sangat dibutuhkan tenaga kerja dan sumber daya ekonomi. Klausul puncaknya adalah kampanye dua arah utara yang akan berakhir dalam perebutan Dataran Cina Utara dan pembentukan kembali kekaisaran Han.

Sungguh dalam era tersebut rencana itu adalah sebuah visi yang luar biasa dan mampu menjadi kenyataan.

Poin kedua adalah

Meski masih diperdebatkan tapi ia adalah pemimpin militer yang handal, terbukti dari kemampuannya menaklukan Meng Huo tujuh kali. Selain itu meski ekspedisi ke utaranya kerap menemui ganjalan namun ia tidak pernah kehilangan lebih dari 5% kekuatan pasukannya perlu dicatat bahwa kekuatan tentara Wei pada saat itu berkisar antara 2 - 3x kekuatan tentara Shu. Selain itu ia benar-benar memperhitungkan kemampuan negara Shu sebelum meluncurkan ekspedisinya ke utara sehingga negara Shu tidak pernah melemah dalam segi domestik setiap kali Zhuge meluncurkan ekspedisinya.

Poin Ketiga:

Ia adalah seorang penemu yang ulung, menyadari bahwa kekuatan tentaranya berada di bawah Wei maka ia menciptakan penemuan-penemuan yang dapat membantu pasukannya ketika bertempur antara lain:
  • Mantou (Bakpao) dengan membawa Mantou pasukannya tidak perlu berhenti terlebih dahulu untuk makan, namun dapat terus bergerak tanpa kekurangan makanan.
  • Chu Ko Nu: Kemampuan panah ini tidak diragukan karena dapat menembak lebih jauh dan lebih cepat, saya berpendapat hal ini untuk menandingi kavaleri Wei yang jauh lebih kuat
  • Kongming Lantern: Selain berfungsi untuk memberi pesan, lentera ini juga berguna sebagai penerang di malam hari. Dan dapat digunakan untuk mengetahui posisi musuh di malam hari.
  • Wooden ox: Alat transportasi makanan yang berguna di medan Shu yang penuh pegunungan yang terjal dan jalan yang jelek
source : kumpulan-inspirasi.blogspot.com
repost by : ceritabos.blogspot.com

No comments:

Post a Comment