Info ini didapat dari milis club mobil & ingin kami share ke teman2, mengenai cara pengisian bensin di SPBU .
Kebetulan ada seorang teman yang punya kebiasaan pada saat isi bensin selalu full tank, benar2 full sampai leher tanki. Sampai di goyang2 mobilnya, dan Tahukah anda bahwa hal itu ternyata sangat berbahaya..
Disarankan agar kita stop melakukan pengisian stlh bunyi "plop" pertama dari mesin SPBU saat penuh & membiarkan tetap ada space antara bensin & leher tanki.
Concernnya adalah:
1. space itu utk menjaga pemuaian bensin yg terjadi dlm tangki shg tdk terbuang (green environtment).
2. Mengurangi resiko terjadinya pemicu kebakaran di kendaraan.
Yg dimaksud bunyi 'plop' adalah disaat otomatis noozle selang stop sendiri krn pengisian sdh mau penuh.
Logikanya kalo bensin memuai & tdk ada tempat yg cukup akan memberikan tekanan udara / pressure yg kuat, entah itu ke tutup tangki atau ke karburator / injection. Kalo tekanan berlebihan, bukankah itu bahaya ? dan tentunya akan berpotensi merusak komponen mobil.
Coba buka aja tutup tangki pas siang hari, pasti ada bunyi seperti ban bocor...whusss....itu tandanya ada tekanan udara dari dalam tangki akibat bensin yg memuai.
====
Mudah2an info ini berguna..source : kisahmotivasihidup.blogspot.com
repost by : ceritabos.blogspot.com
No comments:
Post a Comment